Inilah Perbedaan Pesawat Boing dan Airbus

Pesawat merupakan alat transportasi yang memudahkan kita semua ketika ingin menempuh perjalanan jauh. Pesawat terbang yang memiliki teknologi tinggi akan mampu menempuh jarak mencapai ribuan kilometer dalam durasi beberapa menit saja.dua jenis pesawat yang terkenal yaitu boing dan airbus. Kaduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, pasti kalian semua juga penasaran dengan perbedaan pesawat boeing dan airbus bukan? Terkait dengan kedua hal tersebut bisa dilihat dalam uraian berikut ini.

Mengenal Pesawat Boeing dan Airbus

Pesawat Airbus

Sebelum mengetahui perbedaan pesawat airbus dan boeing langkah pertama mari kita mengetahui apa sih pesawat airbus tersebut? Perusahaan dari pesawat Airbus ini dikenal dengan nama Airbus S.A.S dalam bahasa umumnya dikenal dengan nama Airbus Industrie. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi pesawat komersil dan bertempat di Perancis. Perusahaan Airbus mulai ada sejak tahun 2001 sebagai perusahaan yang mempermudah join stok. 80% saham perusahaan Airbus dipegang oleh EADS serta 30% lainnya dipegang oleh BAE SYSTEMS yang merupakan dua penyedia produksi militar terbesar.

Dari sekian banyak jenis pesawat Airbus yang diproduksi, jenis A330 seri 200 merupakan salah satu jenis pesawat yang cukup terkenal. Pesawat jenis ini memiliki system keamanan yang mampu memberikan jaminan keamanan cukup tinggi untuk penumpang, awak pesawat serta untuk pesawat terbang itu sendiri. seluruh jenis produk Airbus seperti Airbus A330 seri 300, Airbus A319, Airbus 320, Airbus 318 serta Airbus 340 juga hadir berbekal sistem proteksi yang tinggi.

Pesawat Boeing

Boeing merupakan perusahaan pesawat serta aeroangkasa yang memiliki kantor di Chicago. Fasilitas produksi terbesarnya terletak di Everett, Washington.boeing ini merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Goerge Conred Westervelt tahun 1916 dimana saat itu dinamakan dengan Pacific Aero Products.

Boeing ini merupakan perusahaan yang pertama kali memproduksi pesawat dengan badan yang lebar. Pesawat jenis Boeing ini dilengkapi dengan wing-let yang bisa memecah konsentrasi turbolency yang berada di sekitar sayap. Berbekal model sayap yang tidak terlalu datar maka Boeing mampu melakukan manufer untuk menghindari awan. Selain itu pesawat Boeing ini juga terkenal sebagai salah satu pesawat yang irit akan bahan bakar.

5 Perbedaan Antara Pesawat Boeing dengan Airbus

  1. Perbedaan Asal Negara

Dari Negara asalnya saja kedua jenis pesawat ini sudah berbeda. Boeing merupakan sebuah pesawat yang diproduksi oleh Amerika Serikat tepatnya di Seattle, Amerika Serikat. Salah satu jenis maskapai yang cukup besar di Indonesia yaitu Lion Air juga menggunakan jenis pesawat ini, tepatnya yang digunakan adalah tipe 737 Series dari Boeing. Berbeda dengan Airbus yang merupakan produksi atau buatan Negara Perancis. Di Indonesia Airbus digunakan oleh beberapa maskapai diantaranya Citilink, Batik Air, serta Air Asia.

  1. Perbedaan Bentuk Moncong Pesawat

Untuk melihat perbedaan ini secara kasat mata maka silahkan pandangi pada bagian hidungnya. Kedua jenis pabrik pesawat ini ternyata memiliki ciri khas tersendiri. Boeig hadir dengan hidung yang runcing serta memiliki sudut yang tajam dibagian bingkai jendela sehingga terkesan lebih agresif. Berbeda dengan Airbus yang memiliki hidung dengan bentuk bulat tanpa sudut serta kaca dibagian bingkai jendela memiliki ukuran lebih besar sehingga terkesan lebih bersahabat. Secara sekilas jika dilihat Airbus ini memiliki bentuk yang agak gendut sedangkan untuk Boing memiliki bentuk yang lebih ramping.

  1. Perbedaan Bagian Ujung Sayap

Pada bagian ujung sayapnya Boing memiliki bentuk sayap yang melengkung ke bagian atas. Berbeda dengan Airbus yang memiliki sayap dengan bentuk agak runcing. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini Airbus telah mengubah bentukan sayapnya dengan bentukan melengkung ke bagian atas layaknya milik Boeing. Hal ini sengaja dibuat dengan alasan agar lebih efisien.

  1. Perbedaan Lampu Strobo

Lampu strobo merupakan lampu putih yang berada di sawah satu ekor pesawat. Lampu strobo dipesawat bisa kalian lihat ketika pesawat akan memasuki runway, ketika pesawat masuk dalam runway maka kamu akan melihat benda dengan warna putih yang berkedip-kedip dengan sangat terang. Lampu ini akan menyala saat memasuki Runway. Selain memiliki fungsi untuk menandakan fisik pesawat saat berada di udara, ternyata lampu ini juga memiliki makna saat menyala. Untuk jenis pesawat Boeing lampu strobo akan berkedip selama satu kali dalam satu detik. Sedangkan untuk Airbus lampu strobo ini akan berkedip selama dua kali dalam satu detik. Saat kamu melihat pesawat melintas pada malam hari dan melihat lampunya berkedip selama dua kali dalam satu detik bisa dipastikan jika pesawat tersebut merupakan jenis pesawat Airbus.

  1. Perbedaan Bagian Kokpit

Bagian satu ini akan sedikit bisa terlihat menggunakan mata dikarenakan para penumpang pesawat sipil dilarang keras untuk bisa masuk ke bagian ini. akan tetapi kalian semua juga akan bertambah pengetahuannya ketika memasuki ruangan kemudi pesawat. Untuk Boeing bagian kemudinya menggunakan jenis yoke yang akan sering kalian lihat, bentuk dari Yoke ini seperti stir yang terletak dibagian tempat duduk pilot. Berbeda dengan Airbus yang alat kemudi pesawatnya berada pada bagian sisi kiri dan kanan pilot. Untuk Airbus alat kemudi ini dinamakan dengan Sidestick yang memiliki bentuk seperti joystick pada game.

Nah itulah beberapa perbedaan Airbus dan Boeing, semoga uraian ini bisa menambah pengetahuan kita semua.