Kursus Penerbangan, Persiapan Untuk Melanjutkan Pendidikan Pilot

Menjadi seorang pilot adalah impian banyak orang. Profesi pilot dianggap profesi yang memberikan banyak keuntungan. Pilot adalah orang yang gagah, tampan, tinggi dan berwibawa. Pilot bisa bekerja sambil berkeliling dunia. Pilot dianggap sebagai orang yang sangat mampu, karena penghasilan yang didapatkan terbilang tinggi. Orangtua yang bisa menyekolahkan anaknya di sekolah pilot tanpa beasiswa dianggap sebagai orangtua yang memiliki kemampuan finansial diatas rata-rata. Biaya yang dikeluarkan untuk sekolah pilot memang bukanlah biaya yang murah. Biaya sekolah pilot hampir mencapai 1 miliar. Dalam memilih sekolah penerbangan pun tak bisa asal-asalan. Tidak semua sekolah penerbangan bagus. Calon pilot harus bisa memilih sekolah yang berkualitas baik,kualitas yang baik dapat dilihat dengan beberapa kriteria, diantaranya memiliki bandara dan pesawat latih sendiri, instruktur yang berpengalaman dalam dunia penerbangan, menyediakan lisensi yang diperlukan saat menjadi pilot sungguhan dan masih banyak lagi. Faktor lain yang harus dipertimbangkan selain biaya dan jenis sekolah penerbangan adalah seleksi masuk sekolah penerbangan. Seleksi masuk sekolah penerbangan bukan seleksi yang mudah. Apalagi bila sekolah penerbangan yang dipilih adalah sekolah penerbangan negeri atau sekolah penerbangan yang sudah bekerjasama dengan maskapai tertentu. Salah satu solusi agar anda bisa melalui seleksi sekolah penerbangan dengan baik adalah mempersiapkan diri sebaiknya-baiknya dengan mengikuti kursus penerbangan

Kursus Penerbangan atau kursus pilot dapat dikatakan sebagai sekolah dasar bagi calon pilot untuk mempersiapkan diri mengikuti pendidikan pilot. Kursus penerbangan akan membekali siswanya berbagai informasi dan pendidikan yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan pilot. Kursus penerbangan adalah langkah pertama para calon pilot untuk mencapai cita-citanya menjadi pilot yang handal. Banyak manfaat yang didapatkan saat mengikuti kursus penerbangan, diantaranya adalah

– Calon pilot akan mengetahui kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan seorang pilot.

– Calon pilot akan mendapatkan pengetahuan dasar mengenai jenis pesawat dan industri penerbangan secara umum.

– Calon pilot akan belajar prinsip penerbangan, upaya yang dilakukan saat menghadapi berbagai macam cuaca di Indonesia.

– Calon pilot akan belajar bahasa inggris dan penerapannya dalam dunia penerbangan.

– Calon pilot akan diajarkan menggunakan simulator pesawat terbang.

– Calon pilot akan mendapatkan rekomendasi sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia dan dunia.

Kursus penerbangan memang membantu anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi pendidikan pilot. Namun, kursus pilot dapat dikatakan memakan biaya yang tidak murah. Besarnya biaya kursus pilot adalah kurang lebih 15 juta dengan biaya pendaftaran 500.000 hingga 1.000.000.

Rekomendasi Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Tahapan kursus penerbangan telah dilalui. Kini, saatnya memilih sekolah penerbangan yang tepat untuk anda yang bercita-cita menjadi seorang pilot. Artikel ini akan mengulas rekomendasi sekolah penerbangan beserta fasilitas yang diberikan. Bersiaplah, untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah pilot di sekolah penerbangan.

  1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug adalah sekolah kedinasan yang bernaung di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Curug, Tanggerang, Indonesia. STPI Curug merupakan sekolah yang memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya tenaga pengajar yang profesional, fasilitas yang baik, dan biaya pendidikan yang ditanggung oleh pemerintah. Lulusan STPI Curug berkesempatan besar untuk bisa bekerja menjadi pilot hingga staf di kantor Kementerian Perhubungan Indonesia. Seleksi masuk STPI Curug sangat ketat. Setiap tahun, STPI Curug hanya menerima 20 siswa.

  1. Bali International Flight Academy (BIFA)

Rekomendasi tempat kuliah penerbangan kedua adalah Bali International Flight Academy (BIFA). BIFA merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik di Indonesia. BIFA memberikan program pelatihan untuk calon pilot dan menyediakan lisensi MER (Multi Engine Rating). Maskapai di Indonesia lebih menyukai calon pilot yang sudah memiliki lisensi MER karena dinilai telah lebih siap bekerja. Keunggulan BIFA adalah memiliki bandara dan pesawat latih sendiri, jumlah pesawat latihnya ada 17, calon pilot akan mendapat jam terbang sebanyak 160 jam. BIFA bekerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia. Anda perlu menyiapkan uang sekitar 600 hingga 800 juta untuk bisa kuliah jurusan penerbangan di BIFA.

  1. Dirgantara Pilot School

Dirgantara Pilot School berada di Tasikmalaya, Indonesia. Sekolah pilot ini didirikan tahun 2013 dan merupakan sekolah pilot ke-18 di Indonesia. Lulusan Dirgantara Pilot School akan bisa membawa pesawat sejenis Boeing dan Airbus. Keunggulan yang dimiliki adalah memiliki bandara dan pesawat latih sendiri. Calon pilot akan mendapatkan jam terbang sebesar 160 jam, simulator canggih, pesawat latihnya menggunakan Cessna 172. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk bersekolah di Dirgantara Pilot School adalah 770 juta. Biaya bisa dicicil 3 kali, dengan perbandingan pembayaran pertama sebanyak 40%, kedua 30% dan ketiga juga 30%.

  1. Nusa Flying School

Nusa Flying School berdiri pada tahun 2008. Nusa Flying School terletak di Kalimalang, Bekasi. Fasilitas yang diberikan untuk para calon pilot adalah 10 pesawat latih tipe Cessna 172, simulator penerbangan, ruang kelas, asrama, perpustakaan penerbangan. Lama pendidikan adalah selama 18 bulan. Program pendidikan yang diberikan berupa pelatihan untuk mendapatkan lisensi PPL-CPL-IR. Nusa Flying School tidak memiliki bandara sendiri. Training penerbangan dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Bandara Budiarto Tanggerang, Bandara Radin Inten II Bandar Lampung dan Bandara Ahmad Yani Semarang. Biaya pendidikan adalah sebesar 828.750.000 dengan 4 kali cicil. Cicilan pertama setelah dinyatakan lulus, cicilan kedua setelah flight solo, cicilan ketiga setelah flight check PPL dan cicilan terakhir setelah 100 jam terbang.

Demikianlah rekomendasi sekolah pilot terbaik di Indonesia. Anda bisa menentukan sekolah pilot mana yang anda inginkan.