Syarat Masuk Dan Biaya Sekolah Di Universitas Teknik Penerbangan Terbaik Indonesia

Setelah lulus bangku sekolah dan ingin meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Universitas, tentu bukan pilihan yang mudah. Banyak yang harus diperhatikan termasuk memilih jurusan yang tepat kuliah yang tepat, agar bisa meraih masa depan cerah. Universitas teknik penerbangan terbaik mungkin dapat jadi solusi tepat bagi Anda. Pasalnya saat ini maskapai penerbangan semakin meningkat tetapi lulusan pilot kurang begitu banyak. Melihat lapangan kerja yang luas dengan gaji besar, siapa yang tidak tertarik sekolah penerbangan. Tetapi sebelum masuk ke sekolah penerbangan, simak dulu ulasan berikut ini.

Syarat Masuk Sekolah Penerbangan

Banyak para remaja merasa ragu masuk ke sekolah penerbangan, karena mereka merasa syarat masuk ke sekolah tersebut sangat rumit. Padahal kenyataan dilapangan berbeda, syarat masuk ke sekolah ini sangat mudah. Memang syarat setiap Universitas penerbangan di Indonesia berbeda-beda, tetapi ada tiga syarat utama yang harus dipenuhi. Syarat pertama adalah umur, usia yang diwajibkan minimal 17 tahun. lulusan apapun baik SMA, SMK atau lulusan apapun dapat masuk ke sekolah tersebut.

Syarat kedua adalah kemampuan bahasa Inggris, menjadi seorang penerbang tentu harus paham akan bahasa Inggris. Paling tidak paham bahasa Inggris dasar, nanti sambil berjalan disekolah pasti akan lebih paham dan lancar bahasa Inggris. Syarat terakhir adalah tes kesehatan, sebagai penerbang tidak bisa bila memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti jantung. Jadi kesehatan harus diperhatikan secara detail.

Biaya Pendidikan Dan Gaji Setelah Kerja

Sebelum melangkah lebih jauh, sangat penting bagi kita mengetahui berapa besaran biaya pendidikan dan gaji setelah kerja nanti. Ada sekolah penerbangan berlebel negeri dengan biaya yang lebih terjangkau sekitar 20 hingga 50 juta saja. Pastinya dengan batasan siswa yang hanya dipilih 20 siswa saja setiap tahunnya. Proses seleksi juga sangat ketat dan rumit. Sedangkan sekolah swasta menawarkan beragam program pembayaran seperti pembayaran dengan sistem cicil, diskon atau yang lainnya. Hanya saja Anda memerlukan budget sangat dalam sekitar 600 jutaan.

Namun setelah lulus dari Universitas penerbangan Indonesia, bisa memperoleh gaji yang tinggi setiap bulannya. Untuk gaji tertinggi yakni pilot, gaji pilot baru bisa berkisar 25 hingga 30 juta setiap bulannya. Peningkatan jenjang karir dan jam terbang jelas membuat gajinya semakin tinggi bahkan hingga mencapai 100 juta per bulan. Pastinya sekolah ini bukan hanya sebagai tempat mencari ilmu, juga sebagai investasi masa depan yang cerah.

Sekolah Penerbangan Terbaik

Sekarang saatnya kita mengetahui sekolah penerbangan terbaik yang ada.

  1. Bandung International Flight Academy

Bandung International Flight Academy atau BIFA merupakan Universitas penerbangan di Bandung yang berpusat di Jakarta, dan sudah sangat dikenal sebagai sekolah pilot terbaik yang ada. Mempunyai kualitas sekolah mumpuni, jelas memberikan peluang lebih besar lagi didunia kerja nantinya. Selain sudah mengantongi sertifikat, sekolah ini juga menyediakan tempat pelatihan sekaligus peluang kerja. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama yang terjalin antara BIFA dengan beberapa maskapai penerbangan seperti Air Asia dan Garuda Airlines. Selain itu adapula peluang kerja untuk menjadi instruktur penerbangan dengan syarat memiliki lisensi CPL, IR, dan CFI, dengan jam terbang minimal 1000 jam. Sayangnya meskipun pendaftar begitu banyak, yang diterima hanya ada sekitar 20 siswa saja. Untuk biaya pendidikan di BIFA sekitar US$ 62,000 atau setara dengan 620 juta rupiah.

  1. Eagle Air Academy

Eagle Air Acedemy jadi sekolah penerbangan terbaik yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena telah terbukti memiliki kualitas dan kuantitas terbaik. Waktu pendidikan di EAA cukup singkat hanya sekitar 8 bulan saja, bahkan bila Anda termasuk pandai waktunya dapat lebih cepat lagi. Singkatnya waktu pendidikan tidak membuat biaya sekolah jadi berkurang, biaya pendidikan yang ada sekitar US $ 33,000 atau setara dengan 450 juta rupiah. Ternyata EAA menjadi sekolah yang berani memberikan pembayaran sistem cicil guna meringankan beban biaya sekolah. Selain Indonesia, banyak pelajar dari luar negara bersekolah disini, tetapi siswa dari Indonesia tetap menjadi prioritas. Selain pendidikan berupa materi, EAA juga menyediakan praktek langsung.

  1. Bandung Pilot Academy

Popularitas Bandung Pilot Academy sudah tidak perlu diragukan lagi, karena kualitas dan popularitasnya banyak yang mendaftar sekolah disana meskipun biayanya mahal. Menempuh pendidikan di Bandung Pilot Academy, membutuhkan biaya sekitar 620 jutaan. Meskipun pendidikan materi sangat berkualitas, kemampuan infrastrutur belum begitu memadai dan masih terbatas.

  1. Alfa Flying School

Sekolah ini berada di Jalan Protokol Halim Perdana Kusuma No. 8, yang juga jadi salah satu sekolah penerbangan favorit. Sekolah ini telah bekerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan untuk menyalurkan lulusan-lulusan terbaik mereka. Bila ingin bersekolah disini, bersiap merogoh kocek sekitar 650 jutaan.

  1. All Asia Aviation Academy

All Asia Aviation Academy atau AAA jadi sekolah yang sangat diperhitungkan didunia penerbangan. Pusat sekolah penerbangan ini berada di Jakarta dan juga Filiphina, yang juga menerima sistem cicil untuk biaya sekolahnya. Adapun biaya yang dibutuhan sekitar 43,000 dollar Amerika yang setara dengan 600 juta rupiah. Selain materi, pelajaran praktik serta tenaga pendidik berkompetensi siap melayani para siswa mendapatkan ilmu penerbangan.

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa syarat masuk Universitas penerbangan tidaklah sulit, hanya ada tiga syarat dasar untuk dapat masuk ke sekolah penerbangan. Biaya sekolahnya memang sangat tinggi, tetapi setelah lulus nanti gaji yang akan diterima juga tinggi. Terdapat lima sekolah yang sangat dikenal dan jadi yang terbaik diantara yang baik, yang semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.